Gelar Karya P5 Tema 3: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI di SMPN 2 Diwek

Gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema 3: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI kelas 7 dan 8 tahun pelajaran 2023/2024 di SMPN 2 Diwek dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Mei 2024. Fokus tema yang diambil adalah pengelolahan sampah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Siswa kelas 8 menampilkan fashion show dengan busana dari bahan daur ulang, sedangkan kelas 7 memamerkan ecobrik dan poster bertema menanggulangi sampah.

Acara ini diselenggarkan untuk mengedukasi siswa tentang bagaimana cara mengelola sampah yang benar melalui 3R Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), dan Recycle (daur ulang). Pengaplikasian 3R melalui ecobrik dan busana daur ulang. Ecobrik terbuat dari botol-botol plastik bekas yang di dalamnya telah diisi berbagai sampai plastik hingga penuh dan padat. Setelah itu, botol-botol tersebut dirangkai menjadi barang-barang yang berguna. Sementara itu, busana daur ulang terebuat dari bahan-bahan limbah, seperti plastik, kresek, koran, kertas minyak, dan sendok bekas yang dirangkai sedemikian rupa menjadi gaun yang cantik dan indah.

Acara berlangsung sangat meriah. Panggung fashion show dihias menggunakan ecobrik dan poster bertema menanggulangi sampah. Masing-masing peserta fasion show perwakilan kelas menampilkan busana daur ulang terbaiknya. Para guru dan fasilitator merasa bangga dengan antuasias siswa yang berhasil menampilkan busana daur ulang dan ecobrik yang sangat kreatif.

Berdasarkan penilaian dewan juri, akhirnya ditetapkan juara 1, 2, dan 3 dari setiap kelas untuk fashion show dan ecobrik. Juara 1 fashion show diraih oleh Eka Wahyu Aprilia perwakilan dari kelompok 4 kelas 8B. Sementara itu, juara 1 ecobrik diraih oleh kelompok 2 kelas 7E.

Komentar