Kunjungan Delegasi RHRN2 (Right Here Right Now 2) Global - Bangladesh ke SMPN 2 Diwek

  Kegiatan kunjungan Delegasi RHRN2 Balangdesh untuk mempelajari Implementasi PKRS di SMPN 2 Diwek

 

   Delegasi RHRN2 (Right Here Right Now 2) Global-Bangladesh berkunjung ke lima sekolah di Kabupaten Jombang, salah satunya SMPN 2 Diwek. YGSI (Yayasan Gemilang Sehat Indonesia) melibatkan mitra koalisi yaitu : WCC Jombang, PMI Kabupaten Jombang, perwakilan Aliansi Inklusif Jombang, termasuk sekolah untuk turut serta dalam mempersiapkan dan mengawal kunjungan tersebut.

   YGSI memiliki visi besar untuk mewujudkan orang muda Indonesia yang berdaya menuju generasi sehat, diakui, dan mendapat penghormatan atas Hak Asasi Manusia (HAM), keadilan, kesetaraan, dan inklusivitas. Visi tersebut tercermin pada program-program YGSI, salah satunya Program Right Here Right Now 2 (RHRN2). Di tingkat global, RHRN2 juga bekerja di 10 negara di Asia dan Afrika, yaitu Indonesia, Bangladesh, Nepal, Kenya, Tunisia, Ethiopia, Benin, Maroko, Burundi dan Uganda. RHRN2 di Indonesia diimplementasikan pada tiga kabupaten, yaitu Jombang (Provinsi Jawa Timur), Indramayu (Provinsi Jawa Barat), dan Langkat (Provinsi Sumatera Utara). Adapun tujuan kunjungan ke SMPN 2 Diwek adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas (PKRS) di sekolah termasuk tantangan dan strategi mengatasinya.

   Tim delegasi RHRN2 Global-Bangladesh  dan mitra koalisi tiba di SMPN 2 Diwek pukul 10.00 WIB pada tanggal 8 Mei 2024. Penyambutan berlangsung sangat meriah. Siswa-siswi SMPN 2 Diwek menyambut rombongan dengan memberikan bunga serta berjajar-jajar sambil memegang bendera Indonesia dan Bangadesh. Tak ketinggalan grup Banjari SMPN 2 Diwek yang juga memberikan penampilan terbaiknya sebagai tanda suka cita atas kedatangan tim delegasi RHRN 2 Global – Bangladesh. Yel-yel PKRS pun diserukan dengan penuh semangat. Sebelum memasuki ruangan untuk berdiskusi, rombongan diajak memainkan ular tangga bertema Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas (PKRS) yang merupakan salah satu media pembelajaran PKRS di kelas. Setelah itu, menuju ke pameran karya hasil tugas PKRS siswa-siswi SMPN 2 Diwek.

   Diskusi berlangsung seru. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada SMPN 2 Diwek. Berdasarkan keterangan moderator, implementasi PKRS di SMPN 2 Diwek adalah yang terbaik dari tiga kabupaten di Indonesia yang mengimplementasikan program RHRN2. Cara mengimplementasikaannya dinilai mudah diterima dan menjangkau seluruh siswa. Dengan adanya kurikulum merdeka, sekolah bisa mencari celah untuk memasukkan PKRS di jam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Tema P5 yang sesuai dengan PKRS adalah Gaya Hidup Berkelanjutan dan Bangunlah Jiwa Raganya. Suatu kebanggan bagi SMPN 2 Diwek yang telah menjadi tempat rujukan bagi RHRN2 Global untuk melihat secara langsung implementasi pembelajaran PKRS ke siswa. Sementara itu, tantangan yang dihadapi adalah mengubah modul PKRS menjadi modul P5, fasilitator/guru harus mendalami materi PKRS, serta metode yang digunakan agar siswa-siswi antusias mengikuti pembelajaran. SMPN 2 Diwek mampu menaklukkan tantangan tersebut berkat kerja sama yang solid dari semua pihak.

 

 

Tags :  

Komentar